Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 1 of 8
next >

Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA)

63

Volume. I Nomor. 2, Bulan Oktober 2012 - ISSN :2089-9033

PARTICLE SWARM OPTIMIZATION

UNTUK PENENTUAN POSISI STRATEGIS AGENT PADA SIMULASI

ROBOT SEPAK BOLA DUA DIMENSI

Galih Hermawan

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, UNIKOM

Jl. Dipati Ukur No. 112-116 Bandung

E-mail : galih.hermawan@yahoo.co.id

ABSTRAK

Robot sepak bola merupakan perpaduan antara

multi agent

system

Untuk

mencapai

tujuan,

selain

membutuhkan kecerdasan individu, juga menuntut

kemampuan kerja sama antar individu. Posisi robot

ketika bermain mempengaruhi kemampuan robot

dalam bekerja sama dan memilih aksi yang sesuai.

Dalam tulisan ini akan disajikan hasil penelitian

particle swarm

optimization

ketika bermain sepak bola. Hasil pengujian pada

simulasi RoboCup Soccer dua dimensi menunjukkan

bahwa tim robot sepak bola yang menggunakan

algoritma PSO memiliki performa bermain lebih

baik

ketimbang

tim

sebelum

menggunakan

algoritma PSO.

Kata kunci : s

particle swarm optimization

agentmulti agent system

1. PENDAHULUAN

artificial intelligence

atau intelijensia buatan dan teknologi robotika terus

dilakukan untuk menghasilkan produk yang dapat

digunakan oleh manusia untuk membantu aktivitas

kesehariannya. Pengembangan dan penggunaan

robot dapat ditemukan di berbagai bidang, seperti:

dunia industri, pertahanan dan kemanan nasional,

rumah tinggal, perawatan medis, penyelamatan,

penjelajahan laut dalam, dan lain-lain. Penggunaan

banyak robot atau sering dikenal dengan istilah

swarm robotics

persoalan yang lebih rumit ketimbang robot tunggal,

seperti: kerja sama, koordinasi, dan negosiasi di

swarm

robotics

selain untuk mempromosikan sains dan teknologi,

juga untuk membuat robot-robot yang dapat saling

bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah

ditetapkan.

Pada tahun 1993, para peneliti dari Jepang

bernama

Kitano,

Asada,

dan

Kuniyoshi

mengembangkan program penelitian bernama Robot

J-League, yang kemudian berkembang secara

internasional dan mengubah namanya menjadi

Robot World Cup atau disingkat RoboCup [1]. Salah

satu kompetisi yang diagendakan oleh RoboCup

adalah simulasi robot sepak bola dua dimensi

tools

RoboCup Soccer

Server

Salah satu tantangan yang dihadapi dalam

pengembangan robot sepak bola virtual yang terdiri

agentsagent

lapangan ketika bermain, dimana untuk selanjutnya

berpengaruh pada mekanisme seleksi aksi dari

agents

Swarm Intelligence

kecerdasan buatan yang berlandaskan kepada

collective behaviour

yang terdesentralisasi dan dapat mengatur dirinya

self-organizing

agent

particle swarm optimization

Dalam hal ini, penulis juga ingin mengembangkan

sebuah tim sepak bola virtual dengan menggunakan

agent

positioningagent

bola virtual) ketika menyerang ke daerah lawan dan

bertahan di daerah sendiri.

2. ISI PENELITIAN

Pada bagian ini akan dipaparkan mengenai

RoboCup, simulator RoboCup Soccer, arsitektur

agent

agent

2.1 RoboCup

RoboCup [2] adalah sebuah federasi yang

dibangun sejak tahun 1993 untuk mengakomodasi

para peneliti utamanya pada robot sepak bola. Salah

satu

kegiatannya

adalah

dengan

cara

menyelenggarakan turnamen piala dunia setiap

tahun. Anggota-anggota Federasi RoboCup adalah

para peneliti yang aktif melakukan penelitian dalam