Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 1 of 8
next >

Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA)

11

Vol. 5, No. 1, Maret 2016, ISSN : 2089-9033

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI

MARKER BASED TRACKINGAUGMENTED REALITY

PEMBELAJARAN BUAH-BUAHAN

Alfi Syahrin

1

, Meyti Eka Apriyani

2

, Sandi Prasetyaningsih

3

1,2

Jurusan Teknik Informatika, Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan, Politeknik

Negeri Batam

Jl. Ahmad Yani, Parkway Batam Centre 29461

E-mail : free.me.and.me@gmail.com

1

, meyti24@gmail.com

2

, sandi.prasetya10@gmail.com

3

ABSTRAK

Seiring kemajuan teknologi saat ini dan

perkembangannya dari waktu ke waktu, muncul

teknologi yang disebut

augmented

reality

Augmented reality

untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual

yang dibuat melalui komputer sehingga batas antara

keduanya menjadi sangat tipis karena teknologi ini

mengizinkan penggunanya untuk berinteraksi secara

real-time

suatu penanda atau yang biasa disebut dengan

marker

marker

satu metode yang berkembang dalam teknologi ini

marker based tracking

parameter-parameter yang digunakan untuk

marker

memunculkan objek antara lain parameter jarak

pixel

ini menggunakan variasi jarak 5cm, 10cm, 20cm,

30cm, 40cm, 50cm sebagai sub indikator jarak

pendeteksian kemudian menggunakan resolusi

32x50px, 64x100px, 96x150px sebagai sub indikator

pixel

indikator warna dengan metode pengujian

menentukan jarak minimum dan maksimum

pixel

membuktikan bahwa jarak pendeteksian dipengaruhi

pixelmarker

sistem.

Kata kunci :Augmented realitymarker based

trackingpixel

1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan teknologi yang

semakin canggih, hubungan manusia dengan

teknologi tidak dapat dipisahkan. Hal ini terlihat

pada penggunaan barang elektronik seperti komputer

smartphone

dikalangan masyarakat luas pada umumnya. Dengan

smartphone

tersebut, dapat dibuat sangat banyak produk-produk

berbasiskan teknologi. Salah satu contohnya adalah

augmented reality

Ronald T. Azuma (1997) mendefinisikan

augmented reality

benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan

secara interaktif dalam waktu nyata. Atau dapat

diartikan suatu teknologi yang menambahkan objek

real time

sehingga batas diantara keduanya menjadi sangat

tipis. Ada beberapa aspek penting yang perlu

diperhatikan

dalam

perancangan

teknologi

augmented reality

marker

based trackingmarkerless

metode ini sangat penting pada proses munculnya

augmented reality

Dalam hal ini metode yang digunakan yaitu

marker based tracking

marker

marker

cocok

diimplementasikan

sebagai

aspek

pembelajaran juga cenderung cepat dalam hal

pembacaan pada proses munculnya objek 3D.

marker

tingkat keberhasilan tersendiri dalam hal

memunculkan objek 3D yang dipengaruhi oleh

pixel

dan jarak terhadap warna. Sehingga melalui

penelitian ini, akan dilakukan penelitian lebih lanjut

marker based

tracking

mempengaruhi

tingkat

keberhasilan

dalam

augmented

reality

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah

dipaparkan sebelumnya, adapun rumusan masalah

dalam penelitian ini yaitu banyaknya parameter yang

marker

objek sehingga perlu dilakukan analisis untuk

marker