< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 7 of 8
next >

Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA)

33

Vol. 5, No. 1, Maret 2016, ISSN : 2089-9033

ini cukup mudah digunakan. Untuk grafik hasil

kuesioner nomor 2.

Berikut ini adalah persentase dari jawaban

responden untuk pertanyaan nomor 3.

Gambar 19.

Dari hasil persentase, responden yang

menyatakan sangat setuju sebanyak 48%, setuju

sebanyak 24%, kurang setuju sebanyak 18% dan

tidak setuju 10 %. Dari hasil tersebut, lebih dari

25% responden menyatakan kurang setuju dan tidak

setuju. Berdasarkan tanggapan responden, hal ini

dikarenakan kurangnya minat dalam mendalami

animasi 3D dan kurangnya minat untuk membuat

script

responden memiliki minat untuk menggunakan hasil

script

Solusi untuk tanggapan responden tersebut

workshop

untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana

toolscript

script

sesuai fungsi yang mereka inginkan, serta adanya

pembagian tugas dalam tim animasi yang tujuannya

script

anggota tim yang lain. Sehingga dapat disimpulkan

bahwa sebagian orang kurang memiliki ketertarikan

dan minat untuk mempelajari pembuatan MEL

script

6. PENUTUP

6.1 Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengujian, dapat diambil

script

sceneshot

animasi 3D Robocube, dan lebih efektif dalam

proses pengerjaannya diantaranya mempercepat

render

human error

6.2 Saran

Sebagai langkah pengembangan, maka terdapat

beberapa saran yang diperlukan untuk penelitian

Script

LightingRendering

Robocube ini.

file

dengan lebih variatif dan memiliki manajemen

file

proses sebelumnya.

b. Mengembangkan bahasa pemrograman untuk

animasi menjadi kompatibel dengan aplikasi

scripting

otomatisasi proses pembuatan animasi 3D dapat

diimplementasikan pada aplikasi grafis 3D lain.

DAFTAR PUSTAKA

[1].

Pengenalan

Kepada Multimedia,

Irghazali Studio,

Malaysia, 2014.

[2].

Nganimasi

bersama Mas Be!

Komputindo, Jakarta, 2012.

[3].

Mastering Autodesk

Maya 2013

[4].

Film Animasi 3D

Robocube

Multimedia dan Jaringan Politeknik Negeri

Batam, 2015.

[5].

A Simple Talk

About Rendering and Lighting

KDA, Batam, 2015.

[7].

24 Things You Need To Know

About Lighting

http://www.3dartistonline.com/news/2015/04

/24-things-you-need-to-know-about-lighting/

(diakses pada 20 Agustus 2015)

[8].

In Computer Animation, What is

Rendering?

2010,

[berita

online],

http://animation.about.com/od/faqs/f/In-

Computer-Animation-What-Is-

Rendering.htm (diakses pada 22 Agustus

2015)

[9].

Belajar Fotografi,

Memahami Konsep

Histogram Dan Cara Membacanya

[berita online], http://belfot.com/membaca-

histogram/ (diakses pada 19 Januari 2016)

[10].

Understanding a 3D

Production Pipeline - Learning The Basics

2013,

[berita

online],

http://blog.digitaltutors.com/understanding-a-

3d-production-pipeline-learning-the-basics/

(diakses pada 22 Agustus 2015)

[11].

Production Pipeline

online],

http://esda.co.id/index.php/site/pipeline

(diakses pada 20 Agustus 2015)

[12].

2D

& 3D Animation

http://www.maacindia.com/blog/index.php/2

d-vs-3d-animation/ (diakses pada 18 Agustus

2015)