Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8Page 9Page 10

Page 1 of 10
next >

Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA)

51

Vol. 5, No. 1, Maret 2016, ISSN : 2089-9033

NEAR FIELD COMMUNICATION(NFC)

SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN

DI PESONA NIRWANA WATERPARK

Rian Ariansyah P.

1

, Eko Budi Setiawan

2

1,2

Teknik Informatika – Universitas Komputer Indonesia

Jl. Dipatiukur 112-114 Bandung

E-mail :

aphe.rian91@gmail.com

1

,

ekobudisetiawan@ymail.com

2

ABSTRAK

Waterpark

rekreasi keluarga di Soreang, kawasan Bandung

Selatan dengan berbagai wahana permainan air

untuk anak dan dewasa bernuansa alam pegunungan.

Beberapa masalah yang terjadi dapat dilihat pada

proses penyewaan loker penitipan barang,

pembayaran di foodcourt dan loker penyewaan ban.

Penelitian ini memanfaatkan teknologi NFC

Near Field Communication

pembayaran yang berupa gelang NFC untuk dalam

melakukan transaksi penyewaan loker, pembayaran

foodcourt

ban. Selain itu dengan memanfaatkan NFC yang

re-writeable

Waterpark

melakukan transaksi.

Alpha

dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa secara

fungsional seluruh proses pada sistem Pemanfaatan

Near Field Communication

Waterpark

berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan sudah

dapat membantu mengefektifkan sistem pembayaran

yang di lakukan oleh pengunjung dengan

menggunakan gelang NFC.

Kata Kunci :Near Field Communication

Radio Frequency Identification

Waterpark

1.

PENDAHULUAN

Waterpark

rekreasi keluarga di soreang, kawasan Bandung

Selatan, dengan berbagai wahana permainan air

untuk anak dan dewasa bernuansa alam pegunungan.

Wahana yang ditawarkan tempat ini sangat beragam

sekali mulai dari wahana untuk remaja/dewasa

Lazy

RiverKiddy PoolWater SliderJaccuzi

waterparkWaterpark

foodcourt

makanan dan minuman yang bisa disantap oleh

pengunjung setelah lelah bermain air.

Menurut hasil wawancara dengan Bpk. Ega

manager

Waterpark

keamanan untuk penyimpanan barang dengan

menyediakan loker bagi pengunjung. Untuk

penyimpanan barang pada loker, pengunjung akan

dikenakan biaya untuk fasilitas penyimpanan barang

bawaannya. Hal ini menyebabkan pengunjung tidak

bisa mengakses loker berkali-kali karena

pengunjung akan dikenakan biaya penyewaan loker

yang berlipat ganda.

Proses pembayaran makanan dan minuman di

foodcourt

efektif karna pengunjung memiliki akses yang

terbatas terhadap barang bawaannya yang disimpan

didalam loker terutama uang. Selain itu dengan

menggunakan media uang kertas sebagai media

pembayaran dikhawatirkan uang tersebut akan rusak

atau sobek dikarenakan kondisi tangan pengunjung

yang basah, Sehingga pengunjung tidak dapat

menggunakan uangnya yang telah rusak atau sobek

sebagai media pembayaran karena pihak foodcourt

dan penyewaan ban tidak menerima uang dalam

keadaan rusak atau sobek.

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah

diuraikan sebelumnya, maka maksud dari penelitian

ini adalah untuk memanfaatkan teknologi NFC

sebagai media pembayaran di Pesona Nirwana

Waterpark

Tujuan yang ingin dicapai dalam pemanfaatan

Near Field Communication

Waterpark

adalah :

1.

Mempermudah pengunjung dalam melakukan

Near

Field

Communication

sebagai

media

pembayaran elektonik.