< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 3 of 8
next >

Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA)

101

Vol. 5, No. 2, Oktober 2016, ISSN : 2089-9033

Keterangan pseudo code pada Gambar 2 :

s = kondisi papan

MAX_DEPTH = kedalaman maksimum pohon

yang ditelusuri

successor si of s = lebar pohon(banyak langkah

yang mungkin terjadi pada papan)

evaluate(s) = merupakan fungsi yang memberikan

nilai evaluasi pada kondisi papan ā€œsā€

Gambar

2

merupakan

pseudocode

untuk

algoritma Negascout, berdasarkan algoritma diatas

dapat dijelaskan cara kerja algoritma Negascout

sebagai berikut, statement pertama sama seperti

node leaf

Negascout akan mengembalikan nilai fungsi evaluasi

(baris 2). Selain itu variabel m dan n diinisialisasi

dengan -āˆž dan beta (baris 3 dan 4). Kemudian

Negascout akan melakukan "scout" pada node anak

dari s dari kiri ke kanan. Node anak paling kiri akan

interval(-beta,-alpha

zero-width window

m-1, -m) yang sudah diisi pada baris 11 sesudah

melakukan pencarian anak paling kanan, karena null

window ini tidak memiliki elemen, maka pencarian

pasti akan gagal. Arah dari kegagalan ini

node

atau tidak [8].

null window

node

search window

mengetahui nilai aslinya. Hanya terdapat dua kasus

dimana tidak diperlukan pencarian ulang yaitu, ketika

fail-soft

refinement

yang benar pada dua level terbawah. Pada kasus

lainnya pencarian ulang harus dilakukan dengan

search window

(baris 9). Kondisi untuk pemotongan (baris 10) sama

alpha-betabetanode

anak lain dapat diabaikan [7].

2.4 Analisis Masalah

Permainan ini merupakan permainan strategi

matematik yang dapat mengasah keterampilan, daya

hitung dan pola pikir pemain, permainan ini

menggunakan papan untuk tempat permainannya.

Pada permainan congklak terdapat dua sisi yaitu

sisi pemain komputer dan sisi pemain manusia. Setiap

sisi papan terdapat tujuh lubang kecil, satu lubang

besar untuk penyimpanan dan 98 biji congklak.

Lubang kecil akan diisi masing-masing tujuh buah

pada awal permainan. Lubang besar merupakan

tempat penyimpanan masing-masing pemain. Arah

jalannya permainan berputar searah jarum jam seperti

pada gambar 3. Permainan dilakukan secara

bergiliran. Pada giliran pemain komputer akan

digunakan algoritma Negascout dalam penentuan

langkah yang akan diambil.

Gambar 3. Papan Permainan Congklak

2.4.1 Analisis Game

Berikut ini adalah alur permainan secara

keseluruhan berdasarkan aturan-aturan permainan

flowchart

gambar 4.

Gambar 4. Flowchart Permainan Congklak

Untuk mengetahui akhir dari permainan maka

diperlukan pemeriksaan pada lubang kecil papan

flowchart

Jika kondisi akhir permainan dipenuhi, maka dapat

ditentukan siapa pemenang permainannya.

Gambar 5. Flowchart Cek Akhir Permainan

Jika kondisi akhir permainan tidak dipenuhi,

maka langkah selanjutnya adalah menentukan