< prev

Page 1Page 2Page 3Page 4Page 5Page 6Page 7Page 8

Page 6 of 8
next >

Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA)

104

Vol. 5, No. 2, Oktober 2016, ISSN : 2089-9033

2. Pengujian pada tingkat kedalaman pencarian

sampai level ke-3

Hasil

pengujian

pada

tingkat

kedalaman

pencarian sampai level ke-3 dapat dilihat pada tabel

3.

Tabel 3. Hasil Pengujian pada Tingkat Kedalaman

Pencarian Level 3

3. Pengujian pada tingkat kedalaman pencarian

sampai level ke-4

Hasil

pengujian

pada

tingkat

kedalaman

pencarian sampai level ke-4 dapat dilihat pada tabel

4.

Tabel 4. Hasil Pengujian pada Tingkat Kedalaman

Pencarian Level 4

Setelah seluruh pengujian kinerja 1 didapatkan

persentase tingkat kemenangan keseluruhan pada

tabel 5 berikut:

Tabel 5. Presentasi Tingkat Kemenangan

Level

Komputer

Manusia

Seri

2

3

3

1

3

5

2

4

4

2

1

Jumlah

12

7

2

Persentase

57%

33%

10%

Kesimpulan dari pengujian kinerja satu adalah

penggunaan algoritma negascout pada game

congklak memiliki tingkat kemenangan dari 21

pertandingan adalah sebesar 57%. Pada penelitian

Citra Anindya [2] tingkat kemenangan algoritma

minimax pada game congklak dari 21 pertandingan

adalah sebesar 71%. Hal ini menunjukan bahwa

algoritma minimax lebih baik dari algoritma

negascout dalam tingkat kemenangan.

b. Pengujian Kinerja 2

Hasil pengujian pada kinerja 2 dapat dilihat pada

tabel 6.

Tabel 6. Hasil Pengujian Kinerja 2

Keterangan :

Waktu proses dan jumlah langkah pencarian

algoritma minimax didapatkan dari hasil pengujian

pada penelitian Sarah Nurhasanah [3].

Dari hasil pengujian kinerja 2 didapatkan bahwa

waktu proses pencarian dan jumlah langkah

pencarian algoritma negascout pada setiap pengujian

lebih

kecil

daripada

algoritma

minimax.

Perbandingan

jumlah

keseluruhan

langkah

pencariannya

adalah

2:5

dan

perbandingan

keseluruhan waktu proses pencariannya adalah

1:10691,42. Hal ini menunjukan bahwa algoritma

negascout lebih cepat daripada algoritma minimax.

c. Kesimpulan Pengujian Kinerja

Dari hasil pengujian jika dilihat dari segi tingkat

kemenangan algoritma minimax lebih unggul dari

algorima negascout dengan presentasi kemenangan

71% untuk minimax dan 57% untuk negascout,

sedangkan jika dilihat dari segi kecepatan algoritma

negascout lebih baik dari algoritma minimax dengan

perbandingan

jumlah

keseluruhan

langkah

pencariannya 2:5 dan perbandingan keseluruhan

waktu proses pencariannya 1:10691,42.

3. PENUTUP

3.1

Kesimpulan

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan

terhadap pembangunan aplikasi game congklak yang

menerapkan algoritma Negascout, maka dapat

disimpulkan bahwa kinerja algoritma Negascout

dapat diketahui dengan hasil sebagai berikut:

a. Akurasi dari perhitungan manual dan

perhitungan oleh program adalah 100%.

b. Tingkat kemenangan algoritma Minimax lebih

unggul dari algorima Negascout dengan

presentasi kemenangan 71% untuk Minimax

dan 57% untuk Negascout.

c. Tingkat kecepatan algoritma Negascout lebih

baik

dari

algoritma

Minimax

dengan

perbandingan jumlah keseluruhan langkah

pencariannya

2:5

dan

perbandingan

keseluruhan waktu proses pencariannya

1:10691,42.