Jurnal Komputer dan Informatika
Unikom Digital Campus
Website Unikom
Kampus Online Unikom
Blog Unikom
Repository
Nilai Online
Kuliah Online
Unikom Mobile
Digital Library
Career
Fan Page
Unikom Center
Klik untuk membuka menu utama
Jurnal Komputer dan Informatika
Halaman Utama
Arsip
Volume
Bidang
Visi dan Misi
Crew
Kerja Sama
Kontak
Komputa - Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
PEMBANGUNAN GAME EDUKASI UNTUK MELATIH PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERBASIS KINECT (STUDI KASUS TK NUSA BANGSA)
Informasi
Halaman Utama
•
Arsip
•
Listing per Volume
•
Listing per Bidang
Judul
PEMBANGUNAN GAME EDUKASI UNTUK MELATIH PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERBASIS KINECT (STUDI KASUS TK NUSA BANGSA)
Penulis
Derry Berni Cahyady
Irawan Afrianto
Volume
Vol. 5 No. 2
Bidang
Bidang Teknik
Jurusan
TEKNIK INFORMATIKA
Deskripsi
Kemampuan berhitung dan kemampuan mengingat merupakan aspek utama dalam pengembangan kognitif. Perkembangan kognitif pada anak mulai ditunjukkan pada saat prasekolah dimana anak telah mempersiapkan diri untuk sekolah. Pengalaman belajar yang diperlukan usia prasekolah di antaranya adalah mengenal warna, mengerti kata sifat, mengenal huruf dan angka. Berdasarkan hasil wawancara Kepala Sekolah TK Nusa Bangsa bahwa terdapat kendala yaitu anak masih sulit mengingat dan menghitung bilangan yang disebabkan anak sulit berkonsentrasi ketika belajar dengan cara tradisional seperti duduk di kursi dan mengerjakan apa yang diperintahkan guru. Anak memiliki rentang perhatian yang pendek sehingga anak tersebut tidak dapat duduk tenang dalam jangka waktu yang lama. Anak dapat belajar melalui bergerak, energinya dapat disalurkan melalui aktifitas fisik yang bisa melatih kemampuan kognitif dan melatih seluruh koordinasi tubuhnya. Dengan menggunakan teknologi kinect anak dapat belajar melalui gerakan sehingga dapat menjadi stimulus dalam proses mengingat dan belajar anak. Pengujian dilakukan dengan pengujian Alfa (blackbox) dan Beta (wawancara dan kuisioner). Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi yang dibangun dapat meningkatkan kemampuan menghitung dan mengingat bilangan dan mampu meningkatkan konsentrasi anak yang sulit duduk tenang ketika belajar.
Subjek
Anak, Game edukasi, Kinect, Perkembangan Kognitif
Updated
Thu, 20 Dec 2018 12:58:46 +0700
Counter Jurnal
Total :
388
, Hari ini:
2
, Kemarin :
1
Preview
Full Screen
•
Download
03.derry-hal.75-83-ganjil.pdf